Soputan Erupsi, Zona Aman Hingga 4.5 Kilometer



Minahasa - Gunung Soputan yang berada di Minahasa, Sulawesi Utara meletus, mengeluarkan semburan abu vulkanik setinggi 4000 meter. Erupsi Soputan terjadi pada pukul 08:47 Wita pada Rabu (3/9/18) dan terpantau aktifitas letusan hingga Kamis, (4/9/18) dinihari.

Warga di sekitar Soputan dilarang berkegiatan dalam radius 4.5 kilometer dari pusat semburan. Status siaga level tiga dikeluarkan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga coklat dengan intensitas tebal condong ke arah barat dan barat laut. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 39 mm dan durasi ± 6 menit.

Hingga Kamis dinihari terpantau gunung Soputan masih mengeluarkan semburan yang ditandai dengan adanya lava pijar di puncak gunung. Abu vulkanik berhembus ke arah Kota Amurang dan sebagian lagi ke kota Tomohon. Pegiat radio komunitas di kawasan Soputan melaporkan tidak ada instruksi pengungsian.


Saat ini gunung Soputan berada pada Status Level III (Siaga) dengan rekomendasi:
1) Masyarakat agar tidak beraktivitas di seluruh area di dalam radius 4 km dari puncak gunung dan di dalam area perluasan sektoral ke arah Barat-Baratdaya sejauh 6,5 km dari puncak yang merupakan daerah bukaan kawah untuk menghindari potensi ancaman guguran lava maupun awan panas.

2) Masyarakat di sekitar gunung dianjurkan agar menyiapkan masker penutup hidung dan mulut, guna mengantisipasi potensi bahaya gangguan saluran pernapasan jika terjadi hujan abu.

3) Masyarakat agar mewaspadai potensi ancaman aliran lahar yang dapat terjadi setelah terjadinya erupsi yaitu dimana material erupsi terbawa oleh air, terutama pada sungai-sungai yang berhulu di sekitar lereng gunung, seperti di antaranya Sungai Ranowangko, Sungai Lawian, Sungai Popang dan Londola Kelewahu.




Peliput: Ferdinand Rompas
Edit: Marcos Dipan

Related Posts:

0 Response to "Soputan Erupsi, Zona Aman Hingga 4.5 Kilometer"

Posting Komentar